Cara Meningkatkan Konversi Dalam Sebuah Website

Selesai membuat Website bukan berarti pekerjaan anda telah selesai. Justru dengan selesainya website tersebut menanti tugas yang lebih berat lagi yaitu mendatangkan pengunjung dan meningkatkan konversi penjualan.

Nah tips berikut ini dapat meningkatkan konversi dalam sebuah website yang terkadang banyak diabaikan sebagai seorang pemula :

1. Letakan Headline Yang Mudah DIbaca

Orang bisa tertarik karena headline yang menarik. Buatlah headline yang semenarik mungkin yang bisa mempengaruhi pengunjung untuk mengambil suatu tindakan lebih lanjut. Jangan biarkan pengunjung setelah membaca headline malah meninggalkan website anda. Buatlah headline yang bisa membuat penasaran bagi pengunjung yang mau-tidak mau memaksa diri mereka untuk mengetahui lebih lanjut tentang isi dari headline tersebut. Pada saat mereka membuka-buka halaman ini merupakan kesempatan terjadinya penjualan.

2. Warna Website

Baik Warna Background, warna tulisan dan warna badan website sangat mempengauhi pembaca. Kalau tidak percaya banyak website pemula yang menggunakan latar belakang hitam dan merah. Pengunjung datang ke website ini langsung menutup karena dari warna sudah tidak menarik. Carilah warna yang bagus terutama yang teduh dimata pengunjung misalnya warna hijau, biru dan putih. Warna yang terlalu gelap dan terlalu tajam dimata juga tidak disukai pengunjung. Jadi warna sangat berpengaruh kepada pengunjung website.

3. Pilih Font yang bagus misalnya Arial, Tahoma atau Verdana

Pilihan font yang aneka warna dan model juga mengganggu saat mau dibaca, pilihlah model font yang lazim digunakan seperti arial, tahoma da verdana agar pengunjung betah membacanya. penekanan kepada huruf tebal, miring, bergaris dan ukuran huruf yang beraneka ragam juga membuat pengunjung tidak tertarik. Metoda aneka variasi huruf ini terjadi biasanya untuk mengejar kata kunci agar bisa ranking tinggi di mata google namun hal ini belum bisa dibuktikan kebenarannya.

4. Nama Domain Sesuai dengan Kata Kunci

Khusus nama domain ini sebaiknya menggunakan nama domain pendek yang mudah diingat misalnya detik.com, lazada.com dan sebagainya untuk memudahkan branding di masa yang akan datang. Memang benar nama domain yang sesuai dengan kata kunci bisa mengalahkan semuanya bila seseorang mengetikan kata kunci tersebut namun perlu diingat bahwa hal ini mengakibatkan nama domain panjang dan bukannya dalam membuat website kita harus banyak menggunakan kata kunci lain yang hendak kita bidik agar banyak pengunjung yang datang. Jadi kita tidak tergantung kepada salah satu kata kunci yang dijadikan nama domain. Jadi saat ini sudah bukan jamannya lagi menggunakan kata kunci sebagai nama domain.

5. Struktur Website Mudah Navigasinya

Usahakan dalam mendesain menu strukturnya jelas dan sederhana sehingga memudahkan pengunjung untuk menjelajahi website kita. Website yang strukturnya tidak jelas dan terlalu banyak menu membuat pusing para pengunjung yang berakibat fatal tidak ada penjualan. Kalau bisa dibuat sederhana kenapa mesti dibuat rumit ?

6. Cantumkan Semua Saluran Komunikasi

Dengan mencantumkan nomor-nomor yang bisa dihubungi artinya pihak pengelola website bersedia dilacak atau dihubungi jika terjadi sesuatu. Dengan pencantuman informasi yang lengkap menandakan bahwa pengelola website bukanlah seorang penipu. Saluran Komunikasi yang penting adalah : Nama, Nomor Telpon, BBM, WA, Chatting, Email. SedangkanĀ  Alamat juga perlu dicantumkan untuk meyakinakan pembeli bahwa kita mempunyai tempat operasional dan nomor rekening agar pembeli mudah tidak bertanya setiap kali mau transaksi.

7. Website Cepat Diakses

Jika anda membuka website ternyata loadingnya lama pasti langsung anda tutup. Nah keleihatannya sepele namun hal ini perlu menjadi perhatian para pengelola website. Loading lama mungkin disebabkan oleh ukuran gambar yang besar, terlalu banyak video atau flash, pemilihan theme yang tidak tepat dan bisa jadi hostingnya bermasalah.

8. Artikel Menarik dan Ada Relevansinya

Buat artikel yang menarik bernada positif jangan negatif. Artikel yang menarik merupakan kesukaan google dan kesenangan pengunjung. Artikel yang bermanfaat bagi pengunjung banyak silahkan dibuat secara rutin sehingga semakin banyak variasi kata kunci yang anda gunakan.

9. Penggunaan Video dan Flash

Flash dan video baisanya ukurannya agak besar yang mengakibatnya loading website menjadi lambat sehingga kurang disukai pengunjung. Gunakan seperlunya dan bila sudah dirasa mengganggu maka batasi penambahan flash dan video ini.

10. Informasi Pendukung

Testimoni, Layanan Purna Jual, Garansi, Bukti Pengiriman dan Foto-Foto Galery dapat anda munculkan dalam website untuk menambah keyakinan kepada pembeli bahwa anda bukan penipu dan website telah dikelola secara profesional.

11. Call to Action

Jangan biarkan pengunjung hanya melihat-lihat tanpa mengambil tindakan sama sekali setelah itu maka perlu ditaruh di homepage seperti kata-kata : Beli, Download gratis, newsletter, klik sini, like fb, hubungi, email dansebagainya. Bila pengunjung melakukan salah satu call to action yang anda taruh maka akan bernilai bagi anda saat ini atau dimasa yang akan datang.

 

Updated: June 30, 2015 — 3:32 pm
Kursus Website Online © 2015 Frontier Theme