Jenis Usaha Sampingan

Anda mau tambahan penghasilan bukan ?

Sudah pasti jawabannya mau, namun dalam prakteknya tidak mudah bukan ? Usaha sampingan perlu anda pikirkan terutama bagi anda yang penghasilannya pas-pasan. Tujuan utama menjalankan usaha sampingan tentunya untuk menambah penghasilan dan siapa tau nantinya bisa menjadikan penghasilan utama buat anda. Namun demikian untuk memulai menjalankan  usaha sampingan itu tidak mudah dan banyak alasannya yang umumnya beralasan : tidak punya waktu, tidak mempunyai modal, takut gagal, tidak punya pengalaman usaha, sibuk urusan kantor, tidak ada yang menjalankannya.

Sebenarnya saat ini anda hidup di jaman yang serba mudah dengan hadirnya perangkat teknologi yang bisa digunakan untuk berjualan online. Tetapi banyak jenis usaha online yang memerlukan konsentrasi penuh tidak bisa dikelola hanya dengan sambilan, misalnya mengelola toko online. Bila anda ingin sukses berbisnis toko online maka tidak bisa dikerjakan setengah-setengah melainkan harus full time agar hasilnya juga tidak setengah-setengah.

Nah berikut ada beberapa jenis usaha sampingan online yang tidak banyak  menyita waktu dan mengeluarkan modal yang dapat dikerjakan disela-sela kesibukan anda bekerja di kantor, yaitu :

1. Menjadi Reseller atau Dropshipper

Menjadi Reseller artinya menjualkan produk atau jasa orang lain. Coba sekarang anda teliti di sekitar kehidupan anda apakah ada produk atau jasa yang pantas anda beli untuk dijual kembali. Kriterianya adalah anda sendiri menyenangi produk tersebut dan anda memperkirakan bisa mencarikan pembelinya entah itu secara online maupun offline. Tidak kalah pentingnya adalah anda bisa mendapatkan harga murah untuk bisa dijual kembali sehingga anda cukup mendapatkan keuntungan. Model reseller ini kebanyakan bisa anda kerjakan secara sampingan karena tidak banyak menyita waktu, yang terpenting anda menyediakan waktu untuk menjual disela-sela kesibukan anda sehari-hari. Apakah menjadi reseller juga bisa mendapatkan uang ? Boleh anda cek sendiri banyak orang yang berhasil menjalankan bisnis model ini dengan hasil yang lumayan bahkan bisa mengalahkan gajinya di kantor. Tertarik silahkan browsing di internet tentang model usaha ini maka anda akan ketagihan untuk menjalankannya.

2. Menjadi Broker

Broker yang terkenal adalah broker property, bila anda deal menjual property dengan harga milyaran rupiah maka anda bisa mendapatkan fee 3% saja bisa anda hitung sendiri keuntungannya. Menjadi broker property tidak harus meninggalkan pekerjaan yang anda tekuni saat ini namun bisa anda kerjakan pada hari sabtu atau pada waktu libur. Mencari property yang potensial sebanyak-banyaknya kemudian mencari pembeli yang potensial maka anda akan mendapatkan uang dari situ. Namun yang perlu dicatat adalah ketika anda baru saja mencoba menjadi broker property jangan berangan-angan untuk segera menjadi kaya karena profesi ini juga memerlukan waktu untuk menjadi broker property yang sukses. Peluang penjualan prosperty disekitar kehidupan anda mestinya banyak tinggal anda mempunyai kemauan untuk bertindah dan belajar tentang ilmu property sehingga anda dapat sukses di bidang ini. Namun broker sendiri artinya makelar jadi tidak harus berupa property namun bisa juga komoditi lain dimana anda berfungsi sebagai perantara yang mempertemukan antara penjual dan pembeli sehingga anda mendapatkan bayaran. Dijaman ini anda dapat memasarkan lebih mudah melalui internet sehingga anda tidak harus menguras tenaga dan waktu dalam menjalankan usaha broker ini.

3. Menjadi Affiliate

Affiliate sebenarnya modelnya mirip seperti reseller atau dropshipper namun biasanya orang yang mempunyai produk atau jasa membuat alat-alat marketing sehingga memudahkan bagi para affiliate untuk menjualkan produk atau jasa mereka dan jika terjadi transaksi penjualan maka pembeli akan terhubung langsung dengan website asal sedangkan reseller atau dropshipper cenderung terpisah dengan website asal karena di website itu mencantumkan harganya padahal reseller dan dropshipper ingin menjual lebih mahal. Sistem affiliasi memungkinkan kita menjual harga seperti di website asal karena kita hanya mendapatkan sistem fee atau prosentase dari harga produk atau jasa. Belakangan ini sistem affiliate lagi berkembang di Indonesia karena menguntungkan kedua belah pihak, dari sisi pemilik produk atau jasa dibantu pemasarannya sedangkan bagi para affiliate bisa mendapatkan uang tambahan karena mendapatkan fee dari setiap produk atau jasa yang dijual.

4. Menjual Keahlian

Anda ahli dalam bidang pembuatan software atau website maka keahlian anda dapat anda jual melalui internet. Bila kualitas jasa keahlian anda sangat bagus maka tidak menutup kemungkinan jasa anda akan laku di internet dan anda tinggal terima uang dari para pembeli yang download di website anda. Cara ini bisa anda lakukan secara part time tanpa harus mengelola penuh karena orang tinggal download sedangkan yang berat adalah tahap awal dalam menciptakan jasa tersebut.

 

Updated: June 30, 2015 — 7:18 am
Kursus Website Online © 2015 Frontier Theme