Panduan Memilih Niche

Sebelum ngobrol lebih lanjut, Apakah yang dimasksud dengan Niche itu ?

Niche atau disebut juga ceruk pasar adalah sekelompok orang atau segmen pasar yang mempunyai minat khusus di tengah pasar yang lebih besar. Misalkan anda ingin menjual produk di segmen pasar pria maka yang dimaksud dengan niche di sini adalah kemeja laki, jam tanga laki, tas laki, sepatu laki, parfum laki dan sebagainya.

Kenapa kita mesti pusing-pusing mikirin niche di dunia online ? tentu mempunyai tujuan yaitu untuk menentukan niche agar anda lebih fokus untuk meningkatkan penjualan. Sebagai contoh, anda ingin menentukan segmen pasar produk kebutuhan kantor dan nichenya adalah laptop maka anda harus tetapkan dari awal sebelum memulai bisnis online. Sebagai pemula jangan sampai anda terlalu banyak niche yang ingin dijual akibatnya anda tidak fokus yang mengakibatkan kegagalan.

Alasan apa yang mendorong anda kenapa memilih laptop sebagai produk awal untuk anda jual,  tentunya ada alasannya donk ?  Nah, berikut ada beberapa alasan sebagai panduan anda dalam memilih niche produk yang akan anda jual agar anda bisa fokus dan segera bertindak.

1. Niche Berdasarkan Hobi

Misalnya hobi anda sekarang mendesain kaos maka anda akan lebih mudah bila niche yang anda pilih terkait dengan kaos. Misalnya saja kaos distro, kaos raglan, kaos anak, kaos dewasa, kaos bola, alat sablon, dan sebagainya yang terkait dengan urusan bisnis kaos. Sebenarnya yang lebih tahu tentang hobi adalah anda sendiri. Menjual produk berdasarkan hobi ini kemungkinan suksesnya  lebih besar jika dibandingkan dengan produk lain karena anda memang menyukai dan anda otomatis lebih menguasai tentang produk tersebut. Mulai sekarang jangan tunggu waktu coba anda pikirkan kira-kira niche apa yang ada kaitannya dengan hobi anda yang bisa menghasilkan uang ? Mungkin selama ini menjalankan hobi hanya menghabiskan waktu dan uang sekarang coba dibalik tujuannya untuk menghasilkan uang.

2. Niche Berdasarkan Musiman atau Trend

Memang enak tinggal di Indonesia itu karena banyak musimnya. Misalnya musim haji, musim lebaran, musim tahun baru,  musim natal, musim anak cari sekolah, musim hujan, musim panas, musim nikah, musim lahiran, musim umroh, musim panen dan masih banyak sekali musim-musim yang lain. Daripada anda melamun alangkah baiknya anda mendata musim apa saja yang ada di negara kita. Nah sekalian bayangkan produk apa yang cocok untuk anda jual di musim tersebut, maka semua niche yang terkait dengan musim tersebut permintaan akan meningkat dengan draktis dan akan menurun dengan draktis pula setelah musim selesai.

Apabila anda memilih niche karena musiman sebagai patokan dalam menjual barang maka kami sarankan anda tidak hanya terpaku pada satu jenis niche saja melainkan beberapa niche seiring dengan pergantian musim tersebut. Sebagai contoh, anda menjual jilbab yang laku pada saat menjelang lebaran setelah lebaran tentu permintaan jilbab menurun oleh karenanya perlu anda tambahkan produk sprei yang tidak tergantung musim. Dengan demikian niche yang anda pilih tetap laku setiap bulannya. Memang benar niche yang musiman untungnya sangat besar pada saat musimnya tiba dan akan menurun keuntungannya dengan selesainya musim sehingga anda harus pandai-pandai memilih niche.

3. Niche Berdasarkan Kebutuhan

Bila anda menentukan niche berdasarkan kebutuhan ini sangat bagus karena permintaan akan stabil setiap bulannya, tidak tergantung dengan musim dan waktu sehingga berlaku sepanjang masa. Pada prinsipnya kebutuhan ini muncul hampir setiap hari. Misalnya kebutuhan makan, kebutuhan untuk tempat tinggal, kebutuhan rumah tangga, kebutuhan untuk kegiatan kantor, kebutuhan sekolah dan semua kebutuhan yang biasanya berhubungan dengan aktifitas sehari-hari. Karena kestabilan permintaan maka orang yang terjun ke niche berdasarkan kebutuhan ini sangat banyak sehingga persaingan paling ketat.

Dengan mengetahui ketiga kelompok niche tersebut diharapkan anda akan lebih mudah dalam memilih niche mana yang paling tepat untuk anda dan yang paling penting dari segalanya adalah segera action.

Updated: June 30, 2015 — 3:28 pm
Kursus Website Online © 2015 Frontier Theme