Jenis Usaha Online

Kalau anda suka browsing di internet mencari peluang usaha online yang bisa menghasilkan uang maka anda akan bingung jika tanpa diarahkan oleh orang yang sudah berpengalaman. Kenapa demikian karena banyaknya jenis usaha online yang bisa anda lakukan dan rata-rata menjanjikan berpenghasilan besar. Apakah memang kenyataannya demikian. Tentu saja benar bagi orang yang sudah merasakan mendapatkan rejeki di bisnis online tetapi tidak sedikit yang sudah menggeluti bertahun-tahun namun hasilnya sampai sekarang masih mencari terus informasi. Hal ini karena tidak segera mengambil keputusan jenis usaha mana yang dipilih dan terus fokus sampai menghasilkan uang.

Seperti contoh saya pribadi, di awal tahun 2012 hampir setiap malam browsing di internet kemudian coba fokus di afiliasi amazon dan clickbank namun ternyata sudah dijalankan setengah tahun hasilnya nihil. Tetapi masih beruntung dengan belajar afiliasi tersebut memaksa saya untuk belajar membuat website kemudian memutuskan untuk berpindah ke toko online dalam negri. Pada awalnya saya bingung mau mengambil produk apa yang kira-kira bisa laku dijual, pilihan pertama jatuh pada jilbab. Rupanya saya mencoba membuat website yang isinya jilbab mengambil reseller dari orang lain. Kendala yang saya hadapi adalah jika ada yang beli jilbab sering banget barangnya tidak ada. Di sisi lain banyak model jilbab yang tersedia namun kurang diminati. Akhirnya setelah jalan setengah tahun kita tinggalkan dan beralih ke kaos distro. Permasalah di sini adalah kaos kita ambil dari orang lain yang keuntungannya sangat kecil, akhirnya saya berpikir tidak jalan juga ini. Terus kami mencoba yang ketiga menjual sprei dan bed cover di dillashop.com Alhamdulillah, pelan tapi pasti dari bulan kebulan dan dari tahun ketahun permintaan terus mengalami peningkatan baik dari sisi jumlah pengunjung maupun omset penjualan.

Cerita tadi dapat menggambarkan bahwa untuk terjun ke bisnis online agar berhasil juga perlu waktu dan belum tentu anda memilih suatu jenis bisnis langsung sesuai dengan harapan anda. Enaknya disni pada saat saya melakukan perpindahan jenis usaha tidak memerlukan biaya banyak hanya waktu banyak yang terbuang.

Oleh karena itu agar anda mendapatkan ide terarah berikut suatu kelompok jenis usaha online yang bisa anda tekuni sesuai dengan kemampuan dan keahlian anda. Mari kita lihat paparan berikut ini :

                         Produk        Jasa

Milik Sendiri          A                B

Milik Orang Lain   C                D

A : Menjual Produk Milik Sendiri

B : Menjual Jasa Milik Sendiri

C ; Menjual Produk Milik Orang Lain

D : Menjual Jasa Milik Orang Lain

Contoh kategori A : Menjual Produk Milik Sendiri

Anda memproduksi barang sendiri misalnya mainan anak, produk sprei dan bed cover, membuat ebook. Nah, barang produksi anda ini anda jual secara online.

Contoh kategori B : Menjual Jasa Milik Sendiri

Anda mempunyai keahlian membuat program komputer, mengajar komputer, membuat website, anda ahli hukum maka keahlian anda tadi bisa anda tawarkan lewat online.

Contoh Katergori C ; Menjual Produk Milik Orang Lain

Ini kebanyakan yang terjadi pada dunia e-commerce karena sebagian besar yang dijual-belikan adalah barang milik orang lain baik berfungsi sebagai afiliasi, reseller, distributor maupun dropshipper.

Contoh Kategori D : Menjual Jasa Milik Orang Lain

Misalnya anda mempunyai teman yang ahli hukum, ahli arsitektur, ahli komputer kemudian anda bekerja sama dengan mereka untuk mempromosikan via online.

Jadi pada prinsipnya untuk memulai bisnis online tinggal anda pilih kemungkinan pada kategori A,B,C dan D mana yang anda mau geluti. Pengelompokan tersebut juga memudahkan bagi anda untuk melakukan brain storming sehingga mendapatkan ide yang cemerlang untuk dapat direalisasikan.

Updated: July 6, 2015 — 9:29 pm
Kursus Website Online © 2015 Frontier Theme