Software CMS Untuk Membuat Toko Online

Apakah Membuat Toko Online itu Mudah ?

Tentunya mudah bagi yang sudah bisa dan akan sangat sulit bagi anda yang baru belajar atau belum mengetahui ilmunya. Awalnya dulu kebingungan bahasa apa yang akan kita gunakan dalam membuat toko online ini .

Bagi pemula maka disarankan untuk mempelajari Bahasa Pemrograman/software  CMS karena yang paling simpel untuk dipelajari. Ada beberapa software CMS yang paling banyak digunakan orang dalam mendesain website. Anda sebaiknya membandingkan secara sekilas apa untung ruginya masing-masing bahasa pemrograman tersebut dan jika sudah maka anda segera pilih salah satu darinya kemudian anda perdalam untuk membuat toko online anda. Jangan sampai bolak-balik mempelajari semuanya akhirnya semua dicoba namun tidak satupun yang bisa jadi website.

Jadi bagi anda yang belum bisa membuat toko online maka dengan software CMS (Content Management System) ini akan dipermudah sehingga tidak perlu menyewa developer untuk membangun toko online anda dengan biaya mahal namun fitur sudah cukup lengkap dan template yang menawan.

Mari kita bahas sekilas tentang software CMS tersebut, diantaranya :

Opencart

Opencart adalah Content Management System (CMS) open source yang ditujukan untuk membuat toko online. Opencart sudah mempunyai banyak fitur dan komunitas yang banyak di seluruh dunia. Opencart juga gratis digunakan oleh siapa saja baik untuk tujuan komersial maupun non komersial karena sifatnya yang open source tadi. Terkadang dalam mendesain toko online memerlukan fitur tambahan maka Opencart juga menyediakan plugin baik gratis maupun yang berbayar. Bagi kita orang Indonesia Opencart juga sudah support dengan menggunakan Bahasa Indonesia untuk memudahkan anda yang kesulitan Bahasa Inggris.

Magento

Magento juga termasuk CMS yang ditujukan juga khusus untuk membuat toko online. Magento mempunyai banyak fitur dibandingkan dengan Openchart sehingga mampu untuk menangani database yang besar namun lebih kompleks tentunya. Magento versi gratis hanya mempunyai sedikit fitur, jadi anda harus mengeluarkan sejumlah uang untuk mengupgrade ke Magento versi berbayar agar fiturnya lebih komplit.

Prestashop

Prestashop juga merupakah CMS khusus buat ecommerce berbasis komunitas yang keberadaannya dalam waktu singkat tumbuh dengan cepat. Enaknya Prestashop itu gratis meskipun demikian Prestashop didukung oleh komunitas developer di berbagai negara termasuk Indonesia. Jadi bila anda mengalami kesulitan dapat bertanya melalui forum tersebut.  Prestashop juga mendukung plugin dan template sehingga sangat terbuka peluang untuk personalisasi fitur dan tampilan toko online seperti keinginan anda. Template banyak beredar di dunia maya baik yang gratisan maupun berbayar.

CS Cart

CS Cart merupakan CMS ecommerce berbayar yang mempunyai segudang fitur yang sudah terintegrasi didalamnya. CS Cart banyak digunakan oleh perusahaan retail di bidang elektronik, komputer dan gadget karena tampilannya memang sangat cocok untuk produk itu.

WordPress

WordPress selain digunakan untuk blogging bisa juga digunakan untuk membuat toko online. Dengan bantuan plugin semacam eShop, WP-Ecommerce  ataupun WooCommerce anda dapat menyulap WordPress menjadi toko online yang menawan. WordPress juga terkenal dengan SEO nya sehingga sangat membantu anda dalam penjualan produk atau jasa anda karena lebih mudah untuk tampil di halaman pertama google.

Joomla

Joomla juga banyak pemakaianya di Indonesia apalagi banyak pengarang Buku dengan Bahasa Joomla ini. Sebernarnya Joomla bisa digunakan juga untuk membuat portal berita dan dengan gabungan + Virtuemartmaka dapat digunakan untuk membuat Toko Online. Namun menurut pengalaman kami sangat sulit untuk tampil di halaman pertama dengan kata kunci tertentu. Joomla juga gratis dan fitur juga hampir sama dengan Pestashop.

Drupal

Drupal adalah CMS Open source dan distribusikan dibawah lisensi GPL, Pengembangan dan perawatannya dilakukan oleh ribuan komunitas pengguna dan pengembang di seluruh dunia. Drupal juga gratis  meskipun menurut beberapa pengembang Drupal dibilang cukup sulit untuk pemula, namun dengan berbagai keunggulannya, Drupal merupakan salah satu CMS terbaik karena kemampuannya tidak sekedar sebagai CMS namun, dengan API-nya Drupal juga dapat digunakan sebagai Framework dalam membangun aplikasi berbasis Web CMF.

Nah anda dapat mempelajari sekilas tentang program CMS tersebut secara sekilas baik melewati internet maupun membaca buku-buku yang sudah banyak beredar. Dari situ anda bisa membedakan apa kelebihan dan kekurangan masing-masing program CMS tadi dan kemudian anda pilih salah satunya dan langsung anda perdalam dan praktekan.

Namun sebagai pemula biasanya menggunakan wordpress karena lebih mudah dipelajari dan juga sangat SEO Friendly sehingga lebih mudah untuk tampil di halaman pertama dalam mesin pencarian.

Selamat Mencoba !

Updated: July 7, 2015 — 9:24 am
Kursus Website Online © 2015 Frontier Theme