Tampilan Toko Online

Tampilan Toko Online yang baik harus mempunyai nilai jual yang tinggi. Nilai jualĀ  yang dimaksud di sini bukan berarti menampilkan penuh informasi yang ada di halaman pertama dan banyak gambar animasi agar kelihatan keren. Tetapi justru tampilan toko online yang mempunyai nilai jual adalah yang bersih, artistik, mudah navigasinya dan cepat loadingnya.

Oleh karena itu dalam mendesain tampilan toko online coba perhatikan beberapa hal berikut ini sehingga pengunjung semakin sering datang ke toko online anda :

1. Penggunaan Background

Kebanyakan pemula dalam mendesain toko online menggunakan background yang bergambar warna-warni malah kalau perlu ada salju yang turun. Hentikan cara ini karena hanya akan menambah beban berat website anda ketika dibuka dan juga mengganggu konsentrasi pengunjung. Bisa jadi, niat pengunjung tadi ingin mencari sesuatu di toko online anda tetapi setelah melihat background yang mencolok mata akhirnya langsung meninggalkan toko online anda. Gunakan background yang terang dan elegant jika memang anda harus menggunakannya.

2. Penampilan Menu

Menu di bagian atas atau header sebaiknya menu yang penting saja misalnya tentang profil anda, tentang pembayaran, kategori produk dan hubungi kami. Sedangkan menu yang lain dapat anda pindah ke bagian footer atau di sidebar kanan atau kiri. Tujuannya adalah agar pegunjung fokus kepada menu utama tanpa harus pusing dengan menu-menu tambahan sehingga navigasi kelihatan lebih mudah dan sederhana.

3. Kategori Produk

Bila anda mempunyai kategori produk yang sangat banyak maka bila anda tidak memisahkan menjadi sub-kategori maka banyaknya kategori produk ini akan membingungkan bagi pengunjung. Jadi buatlah konsep kategori produk agar tidak terlalu memusingkan pengunjung dengan cara membagi kategori yang lebih sederhana.

4. Landing Page

Landing Page merupakan halaman yang muncul ketika website anda dibuka untuk pertama kali. Jika semua informasi, gambar, banner, produk unggulan semuanya ditampilkan pada landing page maka mengakibatkan loading website jadi lama. Oleh karenanya landing page perlu anda rancang agar sesederhana mungkin tetapi sudah mewakili informasi penting yang hendak anda sampaikan.

5. Menu di Sidebar

Menu di SIdebar sebaiknya juga yang penting saja misalnya kategori produk, testimoni, mni cart, informasi pembayaran dan sosial media. Sebenarnnya informasi statistik, clock, dan peta situs mengakibatkan loading website menjadi lama. Bisa anda hilangkan.

6. Listing Produk

Gunakan gambar berkualitas bagus dengan ukuran yang sedang supaya loading menjadi cepat namun gambar masih tampil dengan kondidi mudah dilihat. Usahakan pengelompokan produk dapat dipilih oleh pengunjung dengan mudah sehingga listing produk tersebut akan membantu pengunjung mencari produk yang dicarinya.

7. Detail Produk

Detail produk yang biasanya disebut deskripsi produk sebaiknya diisi dengan lengkap untuk menggambarkan tentang produk itu sendiri karena pengunjung tidak melihat barangnya langsung sehingga dengan membaca detail produk tadi akan tertarik untuk membeli. Akan lebih bagus jika dikasih review tentang produk tersebut dan juga bisa ditambahkan tombol share untuk social media agar kalau pengunjung cocok untuk beli sekalin info keteman-temannya.

8. Formulir

Sebaiknya toko online anda dilengkapi dengan formulir yang berisi hal-hal yang pening saja misalnya nama, email, telp. dan alamat untuk tujuan pengiriman barang nantinya. Pengunjung tidak suka jika diminta mengisi formulir yang terlalu berbelit-belit.

9. Metode Pembayaran

Cantumkan no rekening bank yang bisa digunakan untuk transaksi dan jangan lupa prosedur untuk pembayaran bagaimana, termasuk juga cara konfirmasinya.

Itulah beberapa hal penting yang perlu anda perhatikan dalam mendesain tampilan toko online anda agar mempunyai nilai jual yang tinggi. Selamat Mencoba !

Updated: August 2, 2015 — 8:53 pm
Kursus Website Online © 2015 Frontier Theme