Langkah-Langkah Membuat Website

Kedengarannya sangat ribet bagi orang yang tidak tau tentang coding namun sebenarnya mudah dipelajari bahkan anak yang masih duduk di bangku SMPpun bisa belajar membuat website dengan baik. Semua ini dimudahkan karena adanya software CMS sehingga anda tidak perlu mengetahui secara detail tentang kode-kode HTML yang ada didalam website tersebut  namun cukup mengetahui cara penggunaan beberapa perintah misalnya bagaimana mengatur menu, layout, widget, footer, header dan sebagainya. Anda cukup memilih suatu template atau theme yang sesuai dengan tema bisnis anda kemudian anda sedikit memodifikasi maka akan menjadikan website yang menarik sekalipun anda masih pemula.

Untuk menjadikan website menarik tentunya tidak cukup hanya dari sisi themenya saja namun juga menyangkut produk yang dijual dan juga kualitas gambar produk yang anda tampilkan. Khusus untuk membuat gambar untuk kebutuhan website maka anda cukup belajar photoshop karena memang ini merupakan software pengolah foto atau gambar dengan kualitas bagus dan mudah dipelajari dengan ukuran file yang cukup kecil.

Berikut adalah langkah-langkah membuat website secara umum, yaitu :

1. Menentukan Jenis Software yang Akan Digunakan

Banyak software CMS yang beredar di pasaran mulai yang gampang sampai yang susah misalnya openchart, magento, prestashop, joomla, drupal, blogger dan wordpress. Namun sebagai pemula anda sebaiknya pilih blogger atau wordpress karena relatif paling mudah dan paling banyak dipakai oleh para pengguna internet disamping itu juga SEO Friendly.

2. Membuat Nama Domain dan Belajar Hosting

Bila anda ingin yang gratisan tidak perlu memikirkan hosting namun hostingnya sudah disediakan oleh bogger atau wordpress namun dengan kapasitas terbatas tapi nama domainnya ada tambahan ekstensi blogger atau wordpress. Misalnya nama domain anda adalah Kursuswebonline.com maka namanya menjadi kursuswebonline.blogger.com atau kursuswebonlne.worpress.com. Dari nama saja kalau gratisan kelihatan tidak profesional bukan ? karena panjang, ada tambahan ekstensinya. Maka kita sarankan agar langsung belajar yang berbayar saja agar nama domain anda lebih profesional dan pengunjung bisa percaya dnegan apa yang anda tawarkan.

3. Mempraktekan Cara Membuat Website

Setiap software mempunyai cara berbeda-beda untuk mendesain suatu website, oleh karenanya bila anda sebagai pemula pilihlah satu jenis software saja agar tidak tambah bingung. Anda bisa pilih wordpress karena memang banyak pemakainya dan selama ini SEO friendly dan juga sangat banyak komunitasnya. Buku, kursus, ebook, komunitas banyak beredar di dunia maya tinggal anda memilih mana yang sesuai dengan budget dan tujuan anda.

4. Mengisi Produk atau Jasa

Setelah website jadi kemudian anda bisa menyiapkan gambar barang atau jasa yang hendak anda jual untuk diupload kedalam website. Oleh karena itu sebaiknya memilih produk yang sejenis terlebih dahulu agar anda mudah untuk menempati ranking satu di mesin pencarian sehingga memudahkan anda untuk menjual barang atau jasa. Bila anda sebagai pemula memilih banyak produk maka anda akan lebih sulit untuk mendapatkan penjualan pada masing-masing produk tersebut karena anda tidak spesifik.

5. Mempromosikan Agar Banyak Pengunjung

Setelah website dan isinya siap maka langkah selanjutnya adalah mempromosikan website tersebut agar dikenal di dunia maya sehingga banyak pengunjungnya. Promosi dapat anda lakukan baik secara gratis maupun berbayar. Jika berbayar tentunya instan bisa langsung mendapatkan pengunjung namun anda harus membayar biaya iklan tetapi jika gratis maka pengunjung akan datang dalam jangka waktu yang lama. Tentunya anda bisa mengkombinasikan antara keduanya dalam berpromosi.

6. Memelihara Pelanggan

Setelah pembeli semakin banyak tentunya sudah saatnya anda mempertahankan pelanggan di website tersebut dengan cara menjaga kualitas barang dan pelayanan yang anda jual. Dengan demikian semakin hari bisnis online anda akan semakin berkembang.

Itulah langkah-langkah dalam memulai membuat website agar ada gambaran bagi anda yang tertarik ingin terjun di bisnis online dengan media website sebagai ujung tombaknya. Selamat Mencoba Semoga Berhasil !

Updated: August 11, 2015 — 3:58 pm
Kursus Website Online © 2015 Frontier Theme