Tahapan Membangun Toko Online yang Sukses

Banyak orang mempunyai impian ingin menjadi pengusaha tetapi tidak banyak yang mengetahui bagaimana tahapan yang harus dilalui sehingga membuat usahanya bisa sukses. Kata guru-guru motivasi di luaran sana yang penting action, padahal action belum tentu tepat.

Contohnya misalkan anda disuruh pergi ke suatu kota hanya dikasih tau alamat kemudian anda langsung action berangkat begitu saja, kira-kira kesulitan sampai tujuan tidak ? Sudah pasti anda akan kesulitan untuk mencapai alamat tujuan, apalagi anda baru pertama kali datang ke kota tersebut. Jadi yang benar adalah anda tahu dulu alamat yang dituju kemudian mencari peta baru kemudian  action berangkat ke kota tersebut sehingga anda tidak akan tersesat untuk sampai di tujuan. Kebanyakan orang adalah memperhatikan yang penting action dulu tanpa mengetahui secara persis apa tujuan utama dia melakukan action tersebut dan menggunakan apa agar sampai ke tujuan tersebut.

Demikian halnya dalam berbisnis sebelum memulai bisnis maka langkah pertama adalah mengidentifikasikan apa tujuan bisnis anda kemudian merencanakan tahapan apa saja yang perlu dilakukan agar anda mudah sampai tujuan atau mencapai cita-cita tersebut. Kebanyakan orang yang kurang berhasil adalah mereka tidak mempunyai cita-cita yang jelas atau kalaupun mempunyai cita-cita tetapi tidak konsisten dalam mengikuti tahapan dalam mencapai cita-cita tersebut.

Nah, kita akan fokus dalam mengembangkan bisnis toko online maka tahapan apa saja yang perlu anda kuasai sebelum memulai usaha agar bisnis toko online anda lebih cepat sukses.

1. Memilih Produk Yang Tepat

Tahap ini termasuk yang paling krusial dalam bisnis online. Kelihatannya adalah sederhana tinggal anda memilih produk yang banyak dijual di internet untuk memulai bisnis online namun justru karena anda salah pilih produk dari awal yang membuat bisnis anda tidak berkembang. Lalu bagaimana panduan memilih produk yang tepat dijual di internet ?

Prinsipnya yang pertama adalah anda akan lebih mudah menjual produk yang dicari orang daripada produk yang tidak banyak dicari orang dan yang kedua adalah anda akan lebih mudah menjual produk yang tidak banyak pesaingnya daripada menjual produk yang persiangannya sangat ketat.

Jadi idealnya dalam memilih produk adalah produk tersebut banyak peminatnya namun persaingan tidak ketat. Apakah ada produk jenis seperti ini , ya pasti adalah ? Perlu anda cari melalui alat yang namanya keyword planner.

2. Mendapatkan Supplier Terbaik

Setelah anda menemukan produk yang akan anda jual maka langkah berikutnya adalah mencari supplier terbaik dalam segi kualitas, harga maupun pelayanan.  Jika kebetulan anda sebagai pemilik produk maka anda tidak perlu melalui tahapan ini namun jika anda tidak mempunyai produk maka untuk mendapatkan supplier yang langsung dari pembuatnya atau tangan pertama tidaklah mudah memerlukan waktu dan trial and error. Jadi paling tidak anda mendapatkan produk dari tangan kedua, jika tangan ketiga, keempat dan seterusnya maka harga produk tersebut sudah mahal sehingga anda sulit mendapatkan margin keuntungan. Disamping harga dan kualitas maka anda juga harus memperhatikan pelayanan supplier tersebut karena supplier pada dasarnya merupakan rekan bisnis anda jika supplier pelayanan tidak baik maka secara otomatis akan menganggu aktivitas bisnis toko online anda.

3. Membuat Website Yang Bagus

Pengertian website yang bagus adalah menarik dari segi penampilan, loadingnya cepat, mudah navigasinya, SEO friendly dan konversinya tinggi. Banyak website terutama bagi pemula yang penampilannya tidak menarik ditambah animasi flash yang sangat mengganggu, jika dibuka lambat sekali karena kesalahan memilih theme atau ukuran gambarnya tidak dioptimasi, cara membuat artikel tidak menarik dan tidak memperhatikan kaidah SEO dan akibatnya mungkin banyak pengunjung namun jarang yang beli atau konversinya rendah karena setiap membuka website mereka langsung buru-buru meninggalkan website tersebut tanpa memperhatikan apa yang anda tawarkan.

Bukannya berjualan melalui sosial media atau marketplace sudah cukup kenapa mesti capek-capek buat website. Sekali lagi kami tekankan bahwa membuat website itu bertujuan agar anda mempunyai brand sendiri sehingga bertujuan jangka panjang yang anda mempunyai otoritas penuh terhadap usaha online anda jika anda berjualan melalui sosial media atau marketplace sebenarnya untuk jangka pendek dan menengah karena jika ada perubahan kebijakan dari pemilik situs tersebut maka anda akan gigit jari. Masyarakat juga semakin menaruh kepercayaan yang tinggi bila anda mengelola website secara profesional dibandingkan dengan anda jualan melalui sodial media karena hampir semua orang bisa berjualan melalui sosial media sehingga kurang memberikan kesan profesiional atau bisnis yang serius.

4. Mendatangkan Pengunjung Tertarget

Maksudnya adalah bagaimana cara mendatangkan pengunjung anda yang mereka itu akan tertarik dengan produk yang anda jual. Jika anda pandai mendatangkan pengunjung namun tidak tertarget artinya pengunjung website anda banyak namun jarang orang yang beli produk yang anda jual. Apakah ada caranya untuk mendatangkan pengunjung tertarget, tentunya ada yaitu :

Dengan iklan berbayar, dengan menerapkan ilmu SEO, dengan mencari anggota facebook atau BBM yang tertarget, dengan menulis artikel yang relevan maka kemungkinan pengunjung yang datang ke website anda akan tertarget yang siap membeli produk yang anda jual karena pada dasarnya mereka juga lagi mencari produk tersebut.

Jadi tidak perlu terfokus kepada banyak pengunjung tetapi harus terfokus pada pengunjung tertarget. Syukurlah jika kebetulan anda bisa mendatangkan banyak pengunjung namun tertarget maka penjualan otomatis akan meningkat dengan draktis.

5. Membuat Sistem dan Prosedur

Jika order sudah jalan setiap hari maka anda lama kelamaan akan kesulitan menangani order tersebut karena bagi pemula biasanya order tidak kenal waktu. Artinya order bisa datang malam hari selagi anda mau tidur tetapi jika anda tidak tanggapi akan mempengaruhi omset anda. Untuk toko online yang sudah besar mungkin bisa menerapkan sistem jam kerja kantoran namun bagi pemula hal ini masih sangat sulit dilakukan.

Nah, untuk menyederhanakan semua pekerjaan yang berulang maka anda harus membuat sistem dan prosedur yang bisa dilakukan oleh orang lain atau karyawan anda agar semua pekerjaan tidak anda tangani sendiri.

Misalnya : Sistem dan prosedur penerimaan order termasuk didalamnya pencatatan alamat, pembukuan kecil-kecilan, pembayaran, pengadaan barang, pengepackan sampai dengan pengiriman barang.

6. Membangun Team

Dengan adanya order semakin banyak maka setelah anda menyiapkan sistem dan prosedurnya maka anda mulai dengan merekrut karyawan. Pada prinsipnya dapat anda mulai dari penambahan satu karyawan, dua karyawan dan seterusnya sampai anda menilai semua karyawan telah melaksanakan tuga sesuai dengan sistem dan prosedur yang ada. Pantaulah agar jumlah karaywan seefisien mungkin karena terlalu banyak karyawan bisa jadi bisnis anda akan mengalami keulitan dan sebaliknya kekurangan karyawan bisa juga merepotkan anda.

Pilihlah karyawan yang tepat pada saat merekrut karena salah pilih karyawan bisa mengakibatkan usaha anda terganggu. Terapkan masa percobaan selama tiga bulan jika tidak cocok maka anda dapat segera menggantinya agar tidak menggangu karyawan yang lainnya.

7. Mengelola Usaha

Tahap 1 sampai dengan tahap 6 telah anda lakukan dan semua dapat dilakukan oleh karyawan anda maka langkah terakhir adalah bagaimana mengelola toko online tersebut tanpa kehadiran anda. Anda cukup mengontrol jalannya usaha dan sekaligus mencari terobosan bagaimana caranya untuk meningkatkan omset bisnis anda. Janganlah anda terlalu ikut terjun dalam mengelola usaha dengan ikut melakukan kegiatan operasional misalnya ikutan mengepack barang, ikutan menulis order, ikutan menjawab BBM. Nah, lepaskan semua tugas operasional ini kepada karaywan anda jika anda tidak melakukan maka anda akan mengalami masalah yang serius diantaranya bisnis anda tidak berkembang bahwa mengalami kemunduran yang akhirnya bisa bangkrut.

Itulah point-point penting dalam tahapan membangun toko online yang sukses disertai dengan usaha yang keras dan terencana. Semoga Anda Berhasil Menjadi Pengusaha Online Yang Sukses !

Updated: August 31, 2015 — 5:18 pm
Kursus Website Online © 2015 Frontier Theme