Mengapa Website Anda Lambat

Bila anda mempunyai website yang lambat tentu menjadi masalah tersendiri. Sudah banyak waktu dan uang yang anda keluarkan untuk mendesain website agar secantik mungkin rupanya penjualan tidak sesuai dengan yang anda harapkan. Boleh jadi penyebabnya website anda lambat ketika dibuka. Jadi bila website anda dibuka lambat sudah pasti pengunjung akan langsung meninggalkan website, belum sempat melihat apa kehebatan yang anda tawarkan malah pengunjung keburu pergi tanpa permisi. Ini merupakan hal yang ditakuti oleh para pebisnis online pemula karena masalah ini tidak akan dialami oleh pebisnis online yang sudah besar, semua masalah website yang lambat ini sudah ditangani oleh team web developernya.

Tapi bagi anda yang baru belajar atau belum mahir tentu akan menjadi masalah yang menyulitkan bagi anda. Nah, kali ini kita bicarakan penyebab website lambat khusus yang menggunakan platform wordpress karena yang paling cocok sebagai pemula.

Berikt beberapa penyebab kenapa website lambat :

1. Ukuran Gambar

Usahakan semua ukuran gambar seoptimal mungkin. artinya boleh tampilannya besar namun kualitasnya sedikit dikurangi agar ukuran filenya menjadi kecil. Gunakan software pengecil gambar seperti fileminizer untuk mengecilkan ukuran gambar dengan kualitas gambar yang masih bagus. Semakin kecil ukuran file maka akan semakin berkurang kualitas gambarnya. Jadi anda harus bijaksana dalam menggunakan gambar yang akan anda tampilkan dalam website. Semakin besar ukuran gambar dan juga semakin banyak jumlahnya akan semakin memperlambat kinerja website anda.

2. Kualitas Hosting

Hosting tempat menaruh website anda juga sangat mempengarui loading website anda. Anda bisa memilih server baik lokal maupun luar negeri dan sebelum anda menentukan hosting yang hendak anda gunakan pastikan anda telah banyak mencari informasi tentang kinerja dari hosting yang bersangkutan. Tapi menurut pengalaman kami  bahwa hosting dari luar negeri lebih handal dan realible dibandingkan dengan kebanyakan hosting lokal. Banyak kita jumpai hosting abal-abal sehingga ada beberapa kejadian sudah capek-capet membangun website ternyata setelah sekian tahun dihancurkan oleh hacker karena tingkat keamanan hostingnya masih kurang bagus. Loading website bisa cepat karena hosting bandwidthnya cukup besar sehingga mampu untuk melayani berbagai macam operasi software.

3. Jenis Theme

Jenis theme sangat berpengaruh besar terhadap kecepatan loading webiste jika anda masih ragu. coba pada saat anda membuat website pada tahap awal uji dengan beberapa theme bagaimana tingkat kecepatan loadingnya. Jadi pastikan bila anda mau membangun website cari theme yang ringan saja kecuali anda bisa membeli yang premium yang loadingnya cepat dan juga SEO fiendly. Bila dari theme yang belum banyak diisi artikel sama gambar sudah lambat dibuka apalagi jika sudah ditambah artikel dan gambar maka akan semakin lambat.

4. Kecepatan Internet

Websitenya mungkin cepat namun jika anda buka dengan internet dengan kecepatan lambat maka akan lambat juga. Kecepatan internet lebih maksimal dengan menggunakan jaringan kabel seperti telah terjadi di kota-kota besar sedangkan untuk yang wireless relatif kurang stabil. Bagi anda yang tinggal di pelosok desa tentunya infrastruktur internet masih belum memadai makanya harap dimaklumi jika di sana membuka website ringan saja terasa lama karena memang kecepatan internet yang belum mendukung. ,

5. Halaman Homepage

Pada saat mendesain halaman pertama atau homepage pastikan tidak banyak menaruh banyak animasi atau flash karena hanya akan memperberat loading website. Usahakan homepage sebersih mungkin dan  file yang berat jangan diletakan di homepage agar pada saat membuka website bukan merupakan pembukaan awal sehingga website akan ringan.

Updated: October 20, 2015 — 9:09 pm
Kursus Website Online © 2015 Frontier Theme