Suka Duka Mencari Uang di Internet

Ini cerita pribadi lho…

Boleh anda tiru dan boleh juga tidak..

Saya dulu bekerja sudah pindah kerja sebanyak empat kali pertama di perusahaan tekstil di Bandung, kedua dan ketiga di perushaan otomotif di Cirebon dan Tangerang dan yang terakhir di perushaan telekomunikasi di Jakarta. Sudah dua puluh tahun saya bekerja di tempat orang lain dan terakhir saya menyadari bahwa pada suatu saat nanti pasti akan pensiun. Jika pensiun baru mau memulai membuka usaha boleh kita katakan 99,9% akan gagal.

Jadi berpikirnya saya coba dibalik, bagaimana kalau saat usia pensiun katakanlah usia 55 tahun saya sudah mempunyai usaha yang mapan kalau saya tetap bekerja di orang lain justru usia 55 tahun merupakan usia malapetaka.

Dimanapun saya bekerja biasanya masih banyak waktu senggang entah itu sehabis pulang kerja atau hari libur banyak saya manfaatkan untuk belajar ilmu bisnis dan praktek kecil-kecilan. Semua saya lakukan dengan dua alasan utama yaitu bahwa pada suatu saat nanti saya pasti akan pensiun dan tetap masih harus mencari usang sendiri untuk kebutuhan hidup dan kedua adalah usaha harus sering dilatih meskipun harus sering gagal untuk menimba pengalaman sampai akhirnya bisa menemukan usaha yang cocok. Jadi menjalankan usaha itu hampir dialami oleh semua pengusaha harus mengalami proses jatuh-bangun, makanya harus sering dilatih sejak masih bekerja jika anda saat ini masih sebagai karyawan atau pegawai.

Namun ingat jangan mengganggu waktu kerja anda karena anda telah digaji oleh kantor, jadi gunakan waktu luang anda saja.

Menurut pengalaman saya, banyak jenis usaha yang telah saya coba mulai dari usaha makanan, usaha membuat kopra, usaha peleburan alumunium, usaha sevice komputer, usaha jual pakaian dan masih banyak lagi tetapi semuanya belum berhasil. Menurut saya kegagalan banyak terjadi karena salah memilih partner usaha  karena saya masih bekerja.

Maka dengan semangat menyala-nyala akhirnya pada tahun 2012 saya memberanikan diri untuk keluar dari perusahaan dan mencoba menggeluti bisnis secara full time. Dengan berbagai pertimbangan karena keterbatasan modal dan saya sangat menyukai bisnis internet maka saya membulatkan tekat untuk menekuni bisnis online. Meskipun tidak terkait dengan berbagai usaha yang telah saya lakukan ketika saya masih bekerja.

Masalah pertama sudah pasti bingung, bisnis internet apa yang ingin saya geluti.

Akhirnya waktu habis untuk belajar, mengikuti seminar, beli buku atau ebook. Pada intinya ingin mencari usaha yang cocok dengan saya dan untuk menghidupi anak istri.

Tapi rupanya menjalankan bisnis online itu tidak semudah seperti membalikan telapak tangan. Saya terjebak pada tawaran para pebisnis online yang katanya sudah sukses, akhirnya hanya membuang-buang waktu dan uang karena harus beli ebooknya dan belajar mengikuti panduannya.

Awal belajar bisnis online sebenarnya saya ingin menjadi affiliate marketer produk luar negeri. Alasan saya sangat sederhana, yang mudah dijalankan dan bisa berpenghasilan dollar seperti para mastah yang sudah sukses. Saya fokuskan kepada dua affilate yaitu amazon dan clcikbank. Tetapi belajar siang malam selama setengah tahun kok rasanya tambah lama tambah bingung. Setiap saya beli ebook yang terkait dengan affilite tadi rupanya hanya dikasih kulitnya karena jika kita ikuti dari awal maka endingnya pasti akan dibuat kabur dan kita bingung sendiri.

Akhirnya sampai pikiran saya jadi bimbang, mau terusin usaha online atau cari kerja lagi. Di satu sisi persediaan uang tabungan sudah semakin menipis. Lalu saya mencoba berpikir ulang kalau saya memaksakan diri untuk terus belajar affiliate luar negeri ini niscaya sampai kapanpun tidak akan menghasilkan uang karena persaingan dengan orang-orang bule sangat ketat sehingga saya harus mengubah haluan.

Salah satu hasil yang bisa saya manfaakan untuk melangkah selanjutnya adalah  saya sudah bisa membuat website sendiri meskipun sederhana contohnya di dillashop.com.

Hal yang paling penting adalah sudah bisa menghasilkan uang meskipun websitenya sederhana. Jika website canggih dari sisi penampilan tetapi jika belum bisa menghasilkan uang ya tentu tidak ada artinya. Idealnya memang websitenya bagus dan banyak menghasilkan uang tetapi untuk membangun website semacam ini diperlukan team dan modal yang tidak sedikit. Jadi sebagai pemula dengan modal terbatas maka fokuskan yang paling penting anda bisa menghasilkan uang dengan website tersebut.

Dengan bermodalkan website maka kita sudah bisa melangkah untuk berjualan dan latihan untuk mendatangkan pengunjung. Setelah website jadi rupanya untuk mendatangkan pengunjung merupakan rintangan pertama yang harus dilewati. Membuat website sebenarnya lebih mudah dibandingkan dengan mendatangkan pengunjung. Saya ingat betul bahwa di tahun pertama website berdiri pengunjung sehari rata-rata hanya 11 orang dan yang beli hanya satu atau dua orang saja dalam seminggu.

Tetapi ini tidak membuat saya patah semangat karena sudah bisa membuktikan kepada keluarga bahwa bisnis online bisa menghasilkan uang.

Sampai artikel ini saya buat omset dillashop.com  sudah mencapai 150 – 250 juta sebulan. Saya berkeinginan untuk terus menambah omset penjualan dengan cara meningkatkan jumlah pengunjung dan pelayanan kepada konsumen. Kami berharap semoga bisa mencapai omset 1 milyar. Do’ain saja ya,  Amin.

Bila anda ingin mencari uang di internet maka anda akan banyak menemukan informasi yang bisa menyesatkan anda. Semua ini bisa terjadi karena banyak pelaku usaha internet yang mengetahui pasar orang yang dapat dibohongi dengan iming-iming yang sangat menjanjikan.

Demikian pula saya, awalnya bingung juga mau belajar internet untuk mendapatkan uang tetapi harus mulai dari mana. Setiap beli buku atau ebook malah semakin bingung karena semua ilmu telah dipraktekan selalu tidak membawa hasil.

Lalu saya berfikir sebenarnya yang salah itu saya atau para pengarang buku atau ebook tersebut. Setiap pengarang selalu menekankan bahwa merekalah yang paling jago, katanya isi materinya daging semua. Biasanya kita terpancing juga dengan testimoni para mastah di bidang internet marketer tetapi rupanya semuanya hanya tipuan belaka.

Jadi dapat disimpulkan bawa mencari uang di internet itu banyak rintangan yang harus anda lewati. Tetapi anda harus konsisten kedalam salah satu bidang katakanlah menjual barang dengan menggunakan website. Fokuskan dapat membuat website sendiri sampai menghasilkan uang dengan cara mendatangkan pengunjung sebanyak-banyaknya.

 

Updated: December 16, 2015 — 5:40 pm
Kursus Website Online © 2015 Frontier Theme