Apa yang Membuat Pengunjung Balik ke Toko Online Kita

Semua orang mengetahui bahwa pengunjung toko online kita merupakan potensi yang besar untuk dijadikan obyek sebagai calon pembeli produk yang kita jual. Tetapi banyak kasus pengunjung toko online kita banyak, tetapi sepi pembeli atau malah ada kasus pengunjungnya sedikit tetapi malah banyak pembelinya. Anda pilih yang mana ?

Idealnya adalah pengunjung banyak dan pembelinya juga banyak, bukan ?

Kenapa pengunjung anda banyak karena pengunjung lama balik lagi mengunjungi toko online anda ditambah dengan pengunjung yang baru.

Jika pengunjung anda yang lama tidak balik lagi dan yang ada setiap hari hanya pengunjung baru maka dapat dipastikan pertambahan pengunjung anda tidak akan banyak peningkatan bahkan bisa jadi pengunjung akan semakin menurun.

Jadi pengunjung ke toko online bisa  kita ibaratkan seperti anda mengisi air kedalam bak mandi tetapi kran di bawahnya terbuka maka sebanyak apapun air yang anda masukan kedalam bak mandi tadi lama-kelamaan air akan habis. Jadi dalam hal ini ada masalah dengan kebocoran air.

Demikain halnya dengan pengunjung yang datang ke toko online anda bisa juga mengalami kebocoran. Kebocoran ini hanya bisa diatasi bila anda menambal atau menutup saluran yang bocor tadi. Misalnya anda melakukan program promosi berbayar maka pengujung meningkat dengan draktis tetapi lama kelamaan akan berkurang dengan sendirinya.

Nah, lalu pertanyaannya adalah bagaimana untuk menutup kebocoran ini agar pengunjung semakin hari semakin bertambah bukan malah berkurang.

Berikut ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan, yaitu :

1. Membuat Pengunjung Datang Lagi

Tidak mudah untuk membuat pengunjung datang lagi ke toko online anda, apalagi toko online anda boleh dibilang masih baru. Tetapi jika anda memperhatikan beberapa hal berikut ini tidak menutup kemungkinan mereka akan datang lagi ke toko online anda :

  • Sering Update Produk
  • Membuat artikel yang bermanfaat bagi pengunjung
  • Toko Onlinenya barangnya murah dan berkualitas
  • Pelayanan terhadap konsumen bagus
  • Toko Online ringan diakses dan menu navigasi tidak membingungkan
  • Nama Toko Online mudah diingat sehingga memudahkan untuk balik lagi

2. Menambah Pengunjung Baru

Banyak cara bisa anda lakukan untuk menambah pengunjung baru jika ingin cepat pakailah iklan berbayar seperti google adwords atau facebook ads. Jika cara gratisan tapi agak lama pelajari dan praktekan ilmu SEO. Niscaya anda akan mendapatkan pengunjung baru setiap ahrinya.

3. Mengingatkan Pengunjung

Anda bisa mengingatkan pengunjung agar datang ke toko online anda dengan  cara membuat email marketing secara berkala. Isinya bisa jadi cerita ringan terkait dengan bisnis anda atau informasi tentang produk-produk baru yang anda jual. Dengan cara ini maka para pengunjung yang tadinya lupa diharapkan bisa ingat kembali dan berkunjung ke toko online anda lagi.

4. Tidak Membuat Kebohongan

Bila anda melakukan penipuan atau kebohongan yang banyak merugikan konsumen maka berita tersebut bisa menyebar dan akibatnya nama toko online anda jelek dan tidak akan banyak pengujung lagi. Bisnis harus dilakukan dengan jujur agar usaha anda bisa langgeng.

5. Promosi Besar-besaran

JIka anda kebetulan punya budget iklan yang cukup besar, coba lakukan promosi besar-besaran. Misalkan masuk tv, koran, radio, pasang sticker dimana-mana, pasang iklan billboard. Semua bertujuan untuk menarik pengunjung ke toko online anda. Tapi, ingat jangan sampai menjerumuskan anda sendiri, sudah banyak mengeluarkan budget iklan yang besar tetapi setiap pengujung yang datang ke toko online anda akibat terpengaruh iklan tersebut kecewa dan akhirnya meninggalkan toko online anda. Jika ini terjadi maka promosi anda secara besar-besaran tadi hanya akan membuang waktu dan uang. Jadi sebelum berpromosi secara besar-besaran pastikan toko online anda cukup profesional sehingga bisa menarik pengunjung dan mereka akan datang lagi.

 

Updated: December 21, 2015 — 9:53 pm
Kursus Website Online © 2015 Frontier Theme