4 Masalah Besar Dalam Menjalankan Bisnis Online

Belajar Bisnis Online bagi pemula bisa dibilang tidak mudah. Buktinya hanya sekitar 5 % dari orang yang berhasil menjalankan usaha online sisanya yang 95% gagal dan akhirnya hanya sebagai konsumen bisnis online atau sebagai pekerja di perusahaan online.

Kenapa hal ini bisa terjadi ?

Karena bagi pemodal besar harus menguasai seluk-beluk tentang bisnis online jika tidak ingin gagal. Padahal tidak banyak pemodal yang memiliki kemampuan di bidang bisnis online ini. Makanya sampai sekarang meskipun pengguna internet terus meningkat tetapi pemain utama dalam bisnis online khususnya di bidang e-commerce ya hanya itu-itu saja.

Sedangkan bagi mereka yang tidak punya modal atau modalnya terbatas jika ingin terjun ke bisnis online juga harus menguasai seluk-beluk tentang bisnis online yang semuanya memerlukan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Tidak mudah memang sebagai pemula untuk terjun ke bisnis ini karena persaingan sangat ketat. Jika hanya setengah-setengah maka hasilnya tidak akan maksimal bahkan nihil.

Jadi jika ingin berhasil dalm bisnis online anda harus totalitas mendalami bisnis ini. Tidak bisa hanya dengan setengah hati tetapi harus benar-benar punya tekat yang kuat untuk menggeluti bisnis ini hingga berhasil.

Point terpenting agar sukses dalam menjalankan bisnis online yang pertama adalah mendalami ilmu tentang bisnis online itu sendiri dan yang kedua adalah bagaimana anda bisa mengelola sumber daya yang ada untuk memenangkan persaingan.

Ada 4 masalah besar yang biasanya dihadapi bagi para pemula bisnis online yang modalnya terbatas untuk sukses sebagai pebisnis online, yaitu :

1. Tidak Fokus

Merintis bisnis online paling mudah kena gangguan sehingga anda tidak bisa fokus. Tadinya berencana menjalankan bisnis A, setelah dicoba beberapa bulan tidak ada hasilnya maka tertarik dan mencoba bisnis B dan seterusnya.

Kenapa banyak sekali informasi peluang usaha yang ada di internet sehingga memungkinkan seseorang yang baru merintis usaha terkecoh dengan penghasilan yang besar akhirnya pikirannya tidak fokus.

Jika anda mengerjakan bisnis offline hal ini tidak mudah terjadi karena bila anda sudah membuka bisnis A biasanya sudah banyak mengeluarkan modal sehingga akan sulit untuk pindah ke bisnis B kecuali anda banyak modal.

Sebelum memulai bisnis online luangkan waktu kira-kira 1 bulan untuk memilih jenis usaha online yang cocok dengan anda pada saat ini.

Kemudian pilih 3 jenis bisnis online yang anda anggap layak untuk dijalankan. Dari ketiga pilihan tadi coba anda pilih satu saja untuk mulai dijalankan setelah menilai dari berbagai macam aspek.

Banyak pemula yang dalam waktu kurang dari 1 tahun sudah tidak melanjutkan usaha onlinenya karena waktunya habis untuk belajar tentang bisnis online akhirnya ilmu banyak tetapi tidak praktek makanya hasilnya akan nol besar.

Jadi segera pilih satu dan terus praktek kemungkinan hasilnya akan lebih nyata daripada banyak tahu ilmunya tetapi miskin praktek.

2. Tidak Sabar

Tujuan utama menekuni bisnis online adalah untuk mencari uang bukan ?

Jika belajar dan praktek sudah merasa dilakukan ternyata dalam waktu tiga bulan bahkan satu tahun belum menghasilkan uang otomatis akan timbul rasa frustasi dan kecewa. Tidak sabar ingin segera menghasilkan uang seperti mereka yang telah berhasil tetapi kenapa tetap masih belum bisa menghasilkan uang sepeserpun bahkan harus terus keluar biaya minimal untuk membayar internet.

Puncak ketidak sabaran adalah tidak melanjutkan menekuni bisnis online lagi.

Kenapa anda bisa gagal kemungkinan besar anda belum tahu ilmu yang pas buat anda. Coba anda pikirkan banyak orang menjual nasi padang tetapi ada yang level kecil, sedang sampai besar. Apa yang membedakan mereka, tentu adalah rasa masakan dan juga menajemen pengelolaan.

Demikian pula dalam bisnis online ini jika anda ingin berhasil tentu harus mengetahui ilmu yang terkait dengan bisnis yang anda pilih kemudian memperdalam dan mempraktekan ilmu tersebut. Tanpa hal yang demikain niscaya anda hanya akan berjalan di tempat.

Satu hal yang perlu disadari dari awal bahwa untuk sukses menjalankan bisnis online perlu waktu. Tidak ada pendapatan yang instan jika anda ingin memahami dengan benar tentang bisnis online tetapi semuanya perlu waktu. Oleh karena itu banyak pemula yang tidak sabar karena waktu untuk menghasilkan uang cukup lama.

3. Bingung

Bagi anda yang sama sekali tidak mempunyai dasar-dasar bisnis online tidak menutup kemungkinan semakin banyak belajar justru semakin bingung. Setelah membaca jenis bisnis model A kemudian dicoba dipraktekan ternyata gagal kemudian mencoba lagi jenis usaha B dan setelah dicoba dipraktekan hasilnya nihl dan mencoba lagi yang lain. Pekerjaan anda kalau demikan hanya trial dan error tidak bisa menghasilkan uang.

Kebingungan ini hanya dapat diatasi apabila anda banyak bertanya dan bergaul kepada mereka yang telah berhasil. Tanpa demikian niscaya anda akan tersesat di hutan belantara yang namanya internet.

4. Kendala Teknis

Kendala besar yang sering dialami oleh pemula adalah kendala teknis.

Belajar membuat website ternyata ditengah jalan menemukan banyak masalah sehingga tidak tahu solusinya harus bagaimana,  kemudian mencari solusi kesana kemari melalui browsing internet tetapi tetap saja belum terpecahkan.

Masalah teknis terkadang menyita banyak waktu. Bila anda tidak mempunyai pembimbing bisa jadi satu masah teknis yang timbul baru bisa anda atasi beberapa bulan kemudian.

 

 

Updated: January 1, 2017 — 6:05 am
Kursus Website Online © 2015 Frontier Theme