Mencari Produk Yang Tepat Untuk Dijual Online

Bila anda ingin jualan online maka pertanyaan pertama yang harus dijawab adalah produk apa yang mau anda jual.

Memilih produk untuk dijual bukan perkara mudah karena dari sini langkah awal untuk memastikan apakah anda bisa melanjutkan untuk memulai usaha atau mengurungkan niat usaha.

Punya niat kuat untuk usaha tapi bertahun-tahun ternyata menentukan produk yang mau dijual saja belum bisa, lalu bagaimana usaha mau dimulai ?

Jika anda sudah berhasil memilih produk yang tepat maka anda akan merasakan bahwa ternyata memulai usaha itu tidak sesulit seperti apa yang dibayangkan orang.

Kenapa mesti memilih produk yang tepat ?

karena tidak semua produk cocok untuk dijual online karena pasar online belum banyak membutuhkan.

Lalu ciri-ciri apa saja agar produk itu bisa dijual online, berikut diantaranya :

  1. Ukuran Produk Kecil dan Tidak Berat. Ketentuannya adalah bila anda mengirim barang kemudian dihitung menggunakan volume akan menyebabkan ongkos kirim mahal. Ekspedisi akan memperlakukan paket dihitung volume bila ukuran besar tetapi beratnya kecil. Jadi harus mencari produk yang bila dikirim dihitung berdasarkan berat bukan volume. Contohnya apa, misalkan anda mengirim kasur busa maka akan kena hitung volume.
  2. Harga Barang Sedang, Untuk harga barang dibawah 100 ribu  anda akan mendapatkan keuntungan kecil per satuan produk  dan untuk mengejar keuntungan anda harus menjual dalam volume banyak, tentu sulit dilakukan bagi pemula. Untuk produk yang mahal di atas 1 juta bagi pemula akan sulit menjualnya karena permintaan sedikit dan belum berpengalaman menjual.
  3. Barang Tidak Dijual di Pasaran, bila barang mudah ditemukan di minimarket, pasar atau swalayan maka anda akan sulit untuk online karena untuk saat ini pembeli masih suka berbelanja langsung ke tempat tersebut. Pada saat belanja barang langsung bisa dibawa pulang dan barang yang dicari ada di tempat itu.
  4. Barangnya Unik, barang yang anda jual lain daripada yang lain dan tidak mudah ditemukan di pasaran. Bila anda punya barang ini dan banyak diminati pengunjung maka peluang anda meraih kesuksesan sangat besar.
  5. Barang Mudah Dikirim, barang pecah-belah dan cairan akan mengalami kesulitan pada saat packing dan beresiko saat pengiriman. Jadi jenis barang seperti ini anda hindarkan sebagai pemula.
  6. Barang Asli, barang palsu memang banyak diminati pembeli karena harganya murah tetapi usahakan anda menjual barang asli saja agar citra anda baik untuk kelanjutan bisnis anda di masa yang akan datang.
Andaikan anda telah menemukan produk yang memenuhi kriteria di atas terus apa yang harus anda lakukan untuk selanjutnya.
Tentu memastikan apakah produk tersebut dibutuhkan oleh masyarakat online. Jika ternyata permintaan produk tersebut sedikit maka tinggalkan untuk menjual produk tersebut karena anda akan menghabiskan banyak waktu dan biaya tetapi hasil akhirnya akan gagal.
Lalu bagaimana cara mengetahui bahwa permintaan produk tersebut banyak ?
Mudah kok, untungnya google telah merangkum aktivitas pada mesin pencarian dan dapat dicek di keyword planner.
Cara pemakaian sebagai berikut :
Masuk ke website : https://adwords.google.com
Pilih Menu Tools –> Keyword Planner –> Search for new keyword …. –> Ketik produk yang anda pilih (misal Jual Kaos)  –> Get Idea (Hasil akan ditunjukan 1K-10K Medium)
Artinya pencarian orang dalam sebulan dengan kata kunci Jual Kaos mencapai 1.000 – 10.000 setiap bulannya dengan persaingan sedang (Medium).
Jadi orang yang jual kaos permintaan di internet cukup besar bisa sekitar 10.000. Buat pemula ini pasar yang besar tetapi persaingan cukup ketat. Usahakan mencari produk yang persaingan sekitar 1.000 kalau 10.000 bagi pemula cukup berat untuk bersaing.
Anda bisa coba dengan produk lain.

Setelah menemukan produk dan pasar cukup menjanjikan  dengan  persaingan  tidak  terlalu sulit kemudian langkah selanjutnya adalah dimana mencari sumber produk tersebut.

Bisa jadi anda  sudah  semangat  telah  menemukan produk impian tetapi anda sulit mencari supplier yang cocok untuk sumber produk anda.

Kriteria pemilihan supplier barang yang baik :

  1. Pelayanan Baik, bagaimana respon mereka jika anda menanyakan sesuatu, apakah cepat atau lambat. Apakah anda tanya pagi tetapi dijawab sore hari, jika demikian  berarti ada indikasi mereka supplier kurang baik. Supplier yang baik apapun yang anda tanyakan mereka akan selalu merespon dengan cepat dengan bahasa yang sopan.
  2. Kemampuan Mensuplai Barang,  memang benar mereka bagus dalam merespon anda tetapi mereka tidak mampu untuk mensuplai barang sesuai dengan keinginan anda. Misalnya anda butuh barang setiap hari 40 buah tetapi mereka hanya mampu menyediakan 10 buahm ini berarti kemampuan mereka tidak mencukupi untuk melayani kebutuhan anda.
  3. Produsen atau Distributor Langsung, anda bisa mendapatkan supplier tetapi rupanya mereka sudah tangan ke sekian dari produsennya. Sebaiknya anda pastikan bahwa supplier anda merupakan produsen atau distributor langsung. Agar kemampuan suplai barang dapat terjamin dan anda mendapatkan harga termurah.
  4. Harga Murah, sudah barang tentu kriteria harga murah  yang banyak menjadi acuan bagi para pencari supplier dengan tujuan agar bisa mendapatkan keuntungan yang banyak.

Barang yang pantas dijual online sudah ketemu, setelah dicek dengan keyword planner ternyata banyak yang mencari, kemudian supplier yang murah sudah ditemukan. Lalu apa yang harus dikerjakan ?

Langsung action jualan.

Tanpa action semua langkah yang anda kerjakan tadi akan sia-sia belaka.

Lalu jualan dimana ?

Bila anda masih awam bisa jualan lewat facebook atau marketplace kemudian paralel anda belajar membuat website sendiri agar nanti anda bisa membesarkan produk yang telah anda pilih.

 

Updated: December 31, 2016 — 10:27 pm
Kursus Website Online © 2015 Frontier Theme