Promosi Website

Langkah terberat dalam Bisnis Online yang menggunakan website sebagai media untuk memajang produknya adalah mendatangkan pengunjung. Pengunjung datang juga belum tentu tertarik dengan apa yang kita tawarkan. Jadi perlu membuat cara agar konversi cukup tinggi bagi pengunjung di website kita. Konversi merupakan tingkat pengunjung yang membeli dibandingkan dengan pengunjung keseluruhan yang datang. Misalnya ada 100 pengunjung sehari, rupanya dari 100 pengunjung yang datang ke website kita ternyata yang melakukan pembelian cuma 5  dengan demikian nilai konversinya adalah 5/100 = 5%.

Semakin tinggi nilai konversinya semakin baik pula website kita. Kalau kita ibaratkan kita mempunyai toko di mal maka orang yang masuk ke toko kita sehari mungkin ada 100 orang lalu yang beli bisa juga ada 20 orang sehingga tingkat penjualan 20/100 = 20 %. Memang kalau kita bicara Bisnis online itu agak sedikit berbeda dengan Bisnis Offline. Jika bisis offline tingkat penjualan bisa 20% namun di bisnis online tingkat konversinya susah untuk mencapai 20% kenapa demikian. Ya karena pengunjung yang datang ke toko online kita sangat mudah begitu pula sangat mudah untuk meninggalkan toko online kita tanpa melakukan pembelian apa-apa. Namun demikian meskipun tingkat konversinya rendah untuk mendatangkan pengunjung lebih mudah dibandingkan dengan toko offline.

Coba bayangkan anda menyewa toko di mall dengan ukuran 3×3 m, mungkin tidak sehari dikunjungi oleh seribu orang ? kami yakin tidak bisa karena dari sisi tempat juga tidak mungkin dan juga dari sisi jumlah pengunjung 1.000 yang akan berkujnung juga tidak mungkin karena keterbatasan ruangan. Nah kalau toko online pengunjung 1.000 sehari masih dimungkinakan bahkan 10.000 bisa terjadi bagi mereka yang sudah ahli dalam mendatangkan pengunjung.

Nah untuk mendatangkan pengunjung selain dengan cara promosi gratis ada juga dengan cara promosi berbayar.

Mari kita bahas keduanya secara garis besar.

Promosi Grastis diantaranya adalah :

1. Menerapkan Ilmu SEO baik offpage maupun on page

2. Mempromosikan lewat iklan baris gratis

3. Membuat link dengan social media misalnya facebook atau twitter

4. Posting ke social bookmark

5. Membuat Backlink

6. Buat Video Youtube

7. Dan masih banyak lagi

Promosi Berbayar

1. Iklan di Facebook

2. Iklan di Google Adsword

3. Membuat promosi offline misalnya pasang sticker, banner, mengadakan seminar, training, event-event

4. Memasang iklan berbayar

5. Menggunakan Jasa SEO

6. Dan masih banyak lagi

Anda jangan heran bila sudah merasa membuat website dan sudah dilaunching tapi kenapa pengunjung tidak ada… Tentunya semua ada caranya. Jika anda hanya sekedar membuat website maka dapat dipastikan website anda tidak akan ada pengunjungnya. Jadi pengunjung baru akan datang bila diupayakan dengan melakukan promosi baik gratis maupun berbayar tadi.

Beda mendasar antara promosi gratis dan promosi berbayar adalah jika gratis memerlukan waktu tapi tidak keluat uang namun jika berbayar cepat mendatangkan pengunjung namun mesti keluar uang. Lalu yang terbaik bagaimana, ya tergantung permasalahan yang sedang anda hadapi. Jika website anda ternyata masih belum bagus maka tidak layak untuk diiklan dengan berbayar karena akan banyak membuang biaya karena orang yang akan mengeklik website anda kemungkinan akan meninggalkan website anda karena websitenya masih kurang bagus. Jadi jika websitenya masih berantakan sebaiknya fokuskan dulu untuk menyempurnakan webiste dan sambil berpromosi yang gratis, bila sudah bagus dan daya dukung sudah sempurna maka sebaiknya menggunakan promosi berbayar agar bisnis anda cepat berkembang .

Pada kelas premium akan kita ajarkan semua promosi gratis dan promosi berbayar sehingga anda dapat memilih mana yang terbaik untuk anda saat ini.

 

Kursus Website Online © 2015 Frontier Theme