MENGELOLA BISNIS ONLINE

Mengelola Bisnis Online yang akan kami ulas disini terdiri dari dua bagian yaitu mengelola website dan mengelola usahanya. Kedua hal ini saling terkait dalam bisnis online.

1. Mengelola Website

Mengelola Website artinya mengelola agar website kita semakin lama semakin banyak pengunjung dan pelanggan semakin bertambah pula. Mengelola Website ada dua cara yaitu secara teknis dan non teknis. Secara Teknis misalnya :  bagaimana agar website kita mudah diakses orang, tingkat keamanan tinggi, struktur navigasi yang mudah,  artikel dan gambar selalu diupdate. Secara Non-Teknis misalnya : Bagaimana agar orang percaya kepada website kita, bagaimana prosedur menangani komplain pelanggan, bagaimana menerapkan strategi harga, bagaimana menentukan diskon, bagaimana memilih produk yang akan kita tayangkan dan semisalnya.

2. Mengelola Usaha

Setelah mengelola website sudah dapat ditangani dengan baik kini gilirannya menangani usahanya. Hal-hal yang terkait dengan pengelolaan usaha diantaranya :

  1. Pengelolaan Karyawan : Karyawan dalam hal ini kita bagi menjadi dua yaitu karyawan yang terlibat langsung dalam mengelola website baik yang teknis maupun non teknis dan karyawan bagian operasional yang mengelola barang mulai dari order sampai dengan pengiriman barang. Bila anda sebagai pemula maka tentunya karyawan masih sedikit namun pembagian fungsi dari masing-masing tadi harus jelas agar pada saat ada penambahan karyawan baru, jelas posisinya mau ditempatkan sebagai apa.
  2. Pengelolaan Keuangan : Bagian keuangan merupakan bagian yang penting juga untuk difikirkan karena dengan bertumbuhnya usaha maka pengelolaan uang harus lebih profesional sehingga dapat diketahui untung-rugi usaha setiap saat agar dapat dilakukan penyesuaian yang diperlukan.
  3. Pengelolaan Produksi : barangkali barang yang anda jual di website merupakan produksi sendiri maka perlu tata kelola produksi yang baik agar selalu dapat memenuhi permintaan konsumen dengan kualitas produk yang baik dan tepat waktu.
  4. Pengelolaan Stock : Agar anda dapat melayani konsumen dengan baik maka anda perlu menyediakan stock seefisien mungkin. Artinya stock kecil namun selalu ada jika diperlukan. Pengelolaan stock yang baik harus mempelajari data permintaan masa sebelumnya sehingga mengetahui dengan pasti barang apa saja yang laku dan tidak laku. Jangan sampai barang yang laku malah tidak ada stock dan sebaliknya barang yang tidak laku malah stocknya menumpuk.
  5. Pengelolaan Supplier : Bila kebetulan anda mengambil barang dari supplier dan jumlah supplier sudah cukup banyak maka perlu dilakukan pengelolaan supplier agar terjadi komunikasi yang baik antara supplier dengan anda. Misalnya kapan barang habis, kapan barang akan dikirm lagi, kapan anda bisa mendapatkan diskon, bagaimana jika ada kerusakan barang. Semuanya perlu diatur dengan jelas.
  6. Pengiriman Barang : Pengiriman barang merupakain rantai proses yang tidak terpisahkan dengan bisnis online anda karena pengiriman barang juga berpengaruh terhadap kinerja bisnis online anda. Jika anda hanya mampu menyediakan ekspedisi yang mahal maka anda tidak bisa bersaing dengan bisnis tetangga sebelah.

Nah, semua hal di atas akan kami kupas secara tuntas dan mendalam agar usaha online anda dapat berjalan sebagai mana mestinya. Dengan mengabaikan hal-hal tersebut di atas niscaya anda akan mengalami kesulitan dalam mengelola bisnis online anda apalagi bila konsumen anda sudah semakin besar.

Managemen pengeloaan bisnis online juga semestinya diperlakukan seperti halnya bisnis konvensional karena sama-sama mempunyai proses yang cukup panjang mulai dari proses order, penyimpanan barang, penyiapan barang, packing sampai dengan pengiriman barang.

Jadi mengelola bisnis online tidak semudah yang kita bayangkan perlu fokus agar hasil usahanya lebih baik.

 

Kursus Website Online © 2015 Frontier Theme